Pernah mendapat tantangan untuk menjawab nama tokoh yang ingin Anda ajak makan malam sambil berbincang seru? Bila tokoh terkenal berikut menginspirasi Anda, mungkin sudah saatnya merencanakan perjalanan ke tempat yang dekat dengan kehidupan mereka.

Kolkata, India

Mother Teresa menghabiskan sebagian besar hidupnya melayani orang-orang miskin, anak-anak terlantar, dan mereka yang sakit-sakitan di daerah-daerah kumuh di Kolkata, Bengal Barat, India. Merupakan seorang biarawati yang bernanung di bawah Biara Loretto, ia tinggal di Loretto Entally Convent sejak tahun 1931 hingga 1948 dan ditugaskan mengajar di St. Mary’s School, sebuah sekolah untuk anak-anak kaum elite India. Mengajar selama 18 tahun dan kemudian menjadi kepala sekolah pada 1944, ia merasa bahwa panggilan sesungguhnya adalah untuk melayani “yang termiskin dari yang miskin dan yang terlemah dari yang lemah”.

“Not all of us can do great things. But we can do small things with great love.” (Mother Teresa)

Setiap tahun Kolkata ramai didatangi peziarah yang ingin mengunjungi rumah Mother Teresa sekaligus makam dan museum kecil yang menyimpan barang-barang pribadinya, seperti sari, mangkuk makan, rosario, dan sandal. Selain Mother Teresa, banyak alasan untuk mengunjungi Kolkata. Selain merupakan gerbang menuju Darjeeling yang penghasil teh dan dikelilingi pegunungan sejuk, kota ini pun memiliki Kalighat Kali Temple, pura Hindu tertua dan terpenting di India, selain Sir Stuart Hogg Market untuk berbelanja oleh-oleh, dan Victoria Memorial Hall, bangunan serba putih yang dijuluki Permaisuri India.

Tahukah Anda?

Mother Teresa dilahirkan di Skopje, Makedonia, dengan nama Agnes Gonxha Bojaxhiu. Berasal dari keluarga berada, ia terkenal murah hati di kalangan tetangganya. Ia meninggalkan Skopje ketika berusia 18 tahun dan sejak itu tak pernah lagi bertemu keluarganya. Setiap harus bepergian dengan pesawat, ia terkenal senang mengumpulkan sisa makanan dari para penumpang untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di India. Dedikasi dan karya sosialnya itu membuat pemerintah India melakukan penghormatan kenegaraan pada pemakamannya dan pemerintah Albania membangun bandara internasional yang dinamai Aeroporti Nene Tereza.

Teks: Melinda Yuliani

Baca juga: Tokoh Dunia yang Menginspirasi Perjalanan #5: Nelson Mandela
Sebelumnya: Tokoh Dunia yang Menginspirasi Perjalanan #3: J.R.R Tolkien

Previous article10 Tempat Makan Surabi yang Paling Enak di Bandung
Next article11+ Oleh-oleh khas Madiun Selain Brem, Murah!