Buat kamu para pegiat olahraga, terutama yang berdomisi di Jawa Tengah, ada satu ajang seru yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat, yakni Kebut Gunung Muria 2022. Berlangsung pada Minggu, 6 November, lomba lari lintas alam ini mengajak pesertanya untuk menikmati keindahan alam yang eksotis di sepanjang jalur menuju Puncak Natas Angin.

Puncak Natas Angin merupakan salah satu dari tujuh puncak yang ada di Gunung Muria. Dapat diakses via Desa Rahtawu, sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota Kudus, jalur ini populer di kalangan pendaki karena keberadaan Jalur Naga yang menjadi favorit saat summit attack.

Dinamakan demikian karena jalur ini seperti naga yang berkelok-kelok, selain sempit dan curam. Di satu sisi ditumbuhi pepohonan, sementara sisi lainnya berupa jurang. Walau terbilang ekstrem, jalur ini sudah dilengkapi seutas tali untuk berpegangan. Lagipula pemandangan dari sini begitu menawan.

Dengan mengikuti Kebut Gunung Muria, kamu bisa sekalian menikmati rute yang beragam di jalur via Rahtawu ini. Dari titik start di Balai Desa Rahtawu, peserta akan melalui jalan beraspal dan cor beton, sebelum melalui jalur yang bervariasi, seperti jalan berumput, berbatu, berlumpur, hingga melintasi sungai.

Foto: Instagram @harie.catur

Sesampainya di Puncak Bayangan, kamu sudah bisa melihat Jalur Naga maupun Puncak Natas Angin yang menanti di depan. Setelah bersusah payah melewati Jalur Naga, peserta akan melewati tanjakan yang lebih curam dengan seutas tali untuk membantu pendakian, hingga sampai di Puncak Natas Angin dengan ketinggian 1.700 mdpl.

Setelah itu, peserta dapat kembali menuruni gunung sebelum finish di Desa Rahtawu. Total jarak tempuh 21 km dengan elevasi 1.500 meter. Batas waktu untuk menyelesaikan tantangan ini adalah 7 jam untuk peserta pria dan 8 jam untuk peserta wanita.

Foto: Instagram @jesiskaa_

Bila tertarik mengikuti ajang ini, kamu bisa langsung mendaftarkan diri di laman ini dengan biaya pendaftaran Rp400 ribu, sudah termasuk BIB, jersey, finisher medal, produk sponsor, asuransi, water station, refreshment, layanan medis, dan makan setelah acara.

Batas akhir pendaftaran adalah 30 Oktober 2022 atau bisa lebih cepat bila kuota 400 peserta terpenuhi. Lima pemenang dari kategori pria dan wanita akan menerima hadiah uang tunai senilai total Rp18 juta. Info lebih lanjut, kunjungi gompengadventure.com.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articlePabrik Coklat Delfi di Dayeuhkolot, Produsen Silver Queen
Next articleEast Coast PIK By The Sea Lokasi dan Review Terbaru