Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung menuntut orang-orang untuk terus menumbuhkan kreativitas demi mengusir kebosanan selama tinggal di rumah. Ada yang memasak makanan yang belum pernah dicicipi sebelumnya, membuat taman mini di balkon apartemen, mendekorasi kamar, melakukan barbekyu di halaman, hingga sekadar menikmati spa.

Bila ingin mencari ide baru untuk melewatkan waktu, baru-baru ini Amazon meluncurkan serangkaian pengalaman virtual menarik lewat program Amazon Explore. Sejauh ini, ada sekitar 80 lebih pengalaman yang ditawarkan dari 16 negara, dan jumlah itu akan terus bertambah di kemudian hari.

Foto: Dok. Amazon

Pengalaman virtual ini tersedia dalam beberapa kategori, yakni Culture & Landmarks yang mengupas tempat-tempat wisata populer di suatu destinasi dan tempat-tempat yang masih di bawah radar turis namun tak kalah menarik; Learning & Creativity untuk mempelajari berbagai keahlian baru; serta serta Shopping untuk menemukan atau bahkan membeli barang-barang unik yang tak bakal tersedia di tempat lain.

Beberapa di antaranya yang menarik antara mengelilingi kawasan kuno Higashiyama di Kyoto dan membeli barang-barang unik karya pengrajin lokal; melihat deretan bangunan bersejarah di Old Town Square Praha; mempelajari cara membuat masakan Meksiko; mengikuti kursus bahasa Kanton yang disiarkan langsung dari jalanan di Hong Kong; hingga mencari tahu kiat memotret dengan smartphone.

Foto: Dok. Amazon

Sebagian besar pengalaman virtual ini dikelola langsung oleh agen wisata lokal yang bisnisnya terdampak besar oleh pandemi Covid-19, meski ada juga beberapa individu yang turut diundang dalam program ini untuk membagikan pengalaman atau keahliannya.

Durasi masing-masing pengalaman virtual ini adalah antara 30 hingga 90 menit, dan hanya disiarkan untuk para undangan saja. Anggota Amazon yang sudah mendaftarkan diri untuk pengalaman virtual tersebut akan menerima undangannya dari situs resmi Amazon.

Foto: Dok. Amazon

Selama tur berlangsung, hanya kamera pemandu saja yang aktif dan tampil di layar. Namun, peserta dapat mengaktifkan audio untuk melakukan percakapan secara real time dengan pemandu mereka.

Menariknya, tak seperti pengalaman virtual lainnya, pengguna Amazon Explore dapat berkesempatan untuk membeli suvenir di sepanjang perjalanan mereka. Bahkan, layaknya membeli langsung di tempat, mereka dapat mengajukan pertanyaan ke sang penjual. Namun, produk yang akan dibeli terbatas. Suvenir populer seperti alkohol, karya seni, makanan, dan mainan anak tak dapat dibeli selama tur.

Teks: Melinda Yuliani 

Previous article8 Tempat Makan di Jogja ini
Next articleMengintip Koleksi Peninggalan Kerajaan di Museum Keraton Surakarta